Dinas Komunikasi dan Informasi menggelar pembinaan PPID bagi perangkat daerah se-Kabupaten Cirebon di Hotel Apita Kecamatan Kedawung, Senin (28/6/2021).

Dalam sambutannya Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi, Dr. H. Harry Safari M, MM mengatakan, keterbukaan dan akuntabilitas badan publik menjadi semakin penting untuk ditingkatkan.

“Badan publik baik tingkat pusat maupun daerah sudah saatnya membuka diri untuk dapat mempublikasikan informasi terkait dengan perumusan kebijakan program kegiatan yang akan sedang dan yang telah dilaksanakan,” katanya.

Harry mengatakan, maksud dan tujuannya diadakan kegiatan tersebut untuk meningkatkan peran PPID dalam layanan Informasi Publik.

“Peserta semua Sekretaris perangkat daerah di Kabupaten Cirebon. Nantinya pada Kepala Perangkat Daerahmampu mengumpulkan serta mendokumentasukan layanan Informasi secara cepat, tepat waktu dan mengefesienkan anggaran,” katanya.

Sekda Kabupaten Cirebon melalui Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesra, H. Asdullah, mengatakan, informasi merupakan kebutuhan mendasar semua orang. Pasalnya informasi merupakan bagian penting bagi semua orang.
“Hak memperoleh Informasi publik salah satu ciri pentingnya negara demokrasi yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan kenegaraan yang baik,” katanya.
Asdullah menjelaskan, sejak pemberlakukan UU No 14 tahun 2008  tentang keterbukaan informasi publik serta peraturan daerah Kabupaten Cirebon No 14 tahun 2011 tentang Keterbukaan Informasi Publik menunjukkan kita sebagai penyelenggara negara untuk dapat menjaga nilai nilai keterbukaan informasi.

“Jadi setiap badan publik tidak berwenang menyembunyikan informasi publik kepada masyarakat kecuali kategori informasi yang dirahasiakan,” kata Asdullah.

Ia mengungkapkan, pihaknya memandang lahirnya UU No 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik ini merupakan kelengkapan formal. Karena selama ini jajaran Pemerintah Kabupaten Cirebon telah melaksanakan asas keterbukaan untuk informasi.
@kangimron.rosyadi @wahyutjiptaningsih @kipjabar @dprd_kabcirebon @harry_margapraja @yadi_wikarsa04 @kartikabintangsari @fajar.sutrisno @trieparibani @yogaiwan_ @bonangenha @commandcentercirebonkab

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bupati Cirebon

Nama : Drs. H. Imron, M.Ag
TTL : Cirebon, 17 Desember 1961
Jabatan : Bupati Cirebon

Wakil Bupati

Nama : Hj. Wahyu Tjiptaningsih, SE.,M.Si
TTL : Bandung, 15 April 1970
Jabatan : Wakil Bupati Cirebon

 

Selamat Datang di Web Resmi PPID Kabupaten Cirebon
Categories