Sumber, Pemerintah Kabupaten Cirebon melalui Dinas Ketahanan Pangan menggelar Lomba Cipta Menu B2SA (Beragam Bergizi Seimbang dan Aman) Tingkat Kabupaten Cirebon Tahun 2019 bagi Tim Penggerak PKK Kecamatan dan kelompok Wanita Tani (KWT) se-Kabupaten Cirebon yang dilaksanakan di halaman Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Cirebon, Rabu (25/09/19).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Cirebon, H. Muhidin, SP.,MM menyampaikan, lomba cipta menu B2SA bertujuan untuk memberikan motivasi, inovasi olahan makanan yang ada di desanya atau di wilayah kecamatannya masing-masing. Selain itu, dalam rangka pencegahan Stunting di Kabupaten Ciebon, karena dengan polah asuh makan seimbang bisa mencegah stunting. “Memberikan motivasi kepada ibu-ibu, khususnya ibu-ibu PKK dan ibu KWT untuk bisa berinovasi terkait makanan olahan sehingga bisa dibuat menjadi varian berbagai macam varian.” Ujarnya.

Sementara Ketua TP PKK Kabupaten Cirebon, Dra. Hj. Nunung Rosmini dalam sambutannya menyampaikan, Lomba ini merupakan salah satu dari wujud kepedulian dari para kaum ibu dalam upaya meningkatkan kreasi dan nilai tambah produk pangan dengan memanfaatkan bahan pangan pangan lokal. “Tentunya diharapkan hasil lomba ini para peserta tidak semata – mata mengejar menjadi juara atau merasa menjadi yang terbaik dari peserta lainnya. Menjadi juara adalah hanya sasaran antara saja.” Tuturnya.

Nunung menambahkan, sasaran utama dari kegiatan ini adalah bagaimana ibu –ibu dapat menciptakan ekonomi kreatif dari kreasi menu pangan yang disajikan sehingga dapat dikembangkan menjadi menu kuliner yang memiliki nilai komersial tinggi, bisa dijual dan tentunya akan menjadi income tambahan ekonomi bagi keluarga, bagaimana ibu – ibu akan dapat mengaplikasikan secara permanen dan massal pada seluruh masyarakat mengenai pola konsumsi pangan yang berbasis beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) sehingga generasi kita masyarakat Kabupaten Cirebon yang menjadi generasi yang sehat, cerdas, produktif dan unggul, sehingga Kabupaten Cirebon menjadi katon.

“Saya mengucapkan selamat kepada para pemenang lomba dan kepada para peserta yang belum menjadi juara juga jangan berkecil hati, karena tentunya tidak semuanya peserta mendapatkan juara, saya berharap kita semua tetap semangat, tetap tekun berlatih dan terus berkreasi menciptakan inovasi untuk membuat menu baru yang lebih kreatif dan berniali komersial tinggi.” Imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Tim Juri Lomba Cipta Menu B2SA, Hj. Ana Kusdiono mengumumkan pemenang lomba Cipta Menu B2SA bagi Kategori PKK adalah juara 3 diraih oleh TP PKK Kecamatan Pangenan dengan nilai 810, juara kedua diraih TP PKK Kecamatan Palimanan dengan nilai 885, sedangakan untuk juara 1 diraih oleh TP PKK Kecamatan Panguragan dengan nilai 976. Sedangkan untuk kategori Kelompok Wanita Tani, juara 3 diraih oleh KWT Lestari desa Kondangsari Kecamatan Beber dengan nilai 699, juara 2 diraih oleh KWT Rukun Lestari Kecamatan Desa Palimanan Timur Kecamatan Palimanan dengan nilai 751, dan juara 1 diraih oleh KWT Srikandi desa Kubangkaran Kecamatan Karangwareng. Piala dan penghargaan diberikan langsung oleh Ketua TP PKK Kabupaten Cirebon Dra.H. Nunung Rosmini yang didampingi oleh Wakil TP PKK Hj. Wiwi Rachmat Sutrisno dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Cirebon H. Muhidin, SP.,MM.(Bens/Edys, Diskominfo).

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bupati Cirebon

Nama : Drs. H. Imron, M.Ag
TTL : Cirebon, 17 Desember 1961
Jabatan : Bupati Cirebon

Wakil Bupati

Nama : Hj. Wahyu Tjiptaningsih, SE.,M.Si
TTL : Bandung, 15 April 1970
Jabatan : Wakil Bupati Cirebon

 

Selamat Datang di Web Resmi PPID Kabupaten Cirebon
Categories