Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID Pembantu) adalah Pejabat yang Melaksanakan tugas dan fungsi sebagai PPID pada satuan Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Daerah.

Tugas dan Fungsi PPID Pembantu :

Tugas dan Tanggung Jawab. (Peraturan Pemerintah No. 61 Tahun 2010).

  1. Penyediaan Informasi.
  2. Penyimpanan.
  3. Pendokumentasian dan Pengamanan Informasi.
  4. Pelayanan Informasi yang cepat, tepat dan sederhana sesuai dengan aturan yang berlaku.
  5. Penetapan Prosedur Operasional penyebarluasan Informasi Publik.
  6. Pengujian Konsekuensi.
  7. Pengklasifikasian Informasi dan/atau Pengubahannya.
  8. Penetapan Informasi yang di Kecualikan yang telah habis jangka waktu Pengecualiannya sebagai Informasi Publik yang dapat diakses.
  9. Penetapan pertimbangan tertulis atas setiap kebijakan yang diambil untuk memenuhi hak setiap orang atas Informasi Publik.

Fungsi PPID Pembantu :

  1. Pengelolaan Informasi.
  2. Dokumentasi Arsip.
  3. Pelayanan Informasi, dan
  4. Pelayanan dan Penyelesaian Sengketa